Tuesday, November 20, 2012

bangkitya ekonomi dan budaya korea selatan


Lucu kalo di inget inget salah satu alesan korsel pengen maju dalam hal ekonomi&budaya hanya ingin mengalahkan Korea utara dan jepang :)) dan sukses,Tahun 80an pemerintah korsel menyiapkan ribuan beasiswa untuk para seniman korea, mereka dikirim ke negara negara barat terutama amerika dengan tujuan  utama membangun kebudayaan dan kesenian mereka sendiri dan ternyata hal itu menunjukan hasil. pemrintah juga sangat peduli terhadap aspek kebudayaan mereka sebagai salah satu devisa negara, kementrian pariwisata mereka sangat giat untuk menyebarkan informasi turis ke seluruh dunia, dan hal ini di tambah dengan adanya korean wave seperti Kpop dan Kdrama.

pemerintah korea selatan menyadari betul bahwa korean wave harus terus mereka jalankan, makanya tidak heran pemerintah korsel tiap tahun membeli lisensi ratusan drama korea dan menyebarkan secara gratis ke pelosok dunia dengan tujuan agar banyak yang berkunjung ke korea atau membumikan produk korea ke negara mereka. Tahun 50an kondisi korea selatan jauh lebih buruk dari Indonesia,namun dalam jangka waktu beberapa dekade mereka dapat bangkit karena kemajuan IPTEK serta rasa sakit hati pernah di jajah jepang, makanya tidak heran tujuan korsel sejak awal adalah mengalahkan dominasi kebudayaan dan ekonomi jepang, dahulu era 90 kebudayaan jepang masih menjadi idola di pelosok dunia, namun sejak masuk tahun 2000 kebudayaan korea sudah mulai menyebar dan hanya jangka waktu beberapa tahun virus korea sudah menyebar ke pelosok dunia.

kemabli ke awal tentang kepedulian pemerintah akan seni dan kebudayaan, pemerintah korsel tiap tahun memberikan subsidi jutaan dolar untuk para sineas muda maupun pekerja seni, dibangun nya sentral sentral seni, seringnya dikirim mahasiswa mereka ke luar untuk belajar seni mengakibatkan perkembangan seni korea bisa maju dengan pesat. ini sentilan untuk pejabat kita agar memeperhatikan kesenian negara kita, dengan kuantitas penduduk di atas 200jt tentu banyak talenta muda yang tersimpan.

1 comments:

Inspiring Korea said...

lewat seni dan budaya kore terbukti bahwa korea merpakan salah satu negara maju yang punya ambisi makanya saya lagi pengen belajar bahasa Korea,kiranya mau sharring bahasa korea sama saya : http://koreabahasa.blogspot.com/

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes