Tuesday, November 11, 2014

cara mengobati sariawan secara alami


Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Cara Mengobati Sariawan
Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat. Sariawan atau stomatitis aftosa adalah suatu penyakit yang terjadi pada selaput lendir atau lapisan mukosa mulut yang berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan. Munculnya sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi dan terutama ketika sedang makan atau minum. Sariawan yang terjadi di daerah mulut yang sama selama dua minggu sampai satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.Ada beberapa faktor penyebab munculnya sariawan. 

Faktor Penyebab Sariawan

  1. Mulut yang tergigit secara sengaja maupun tak sengaja ketika sedang mengobrol, makan, dll.
  2. Kekurangan vitamin C dan zat besi.
  3. Sering mengkonsumsi makanan pedas atau minuman panas.
  4. Alergi.
  5. Kelainan pencernaan.
  6. Kesehatan mulut yang tidak terjaga seperti jarang menggosok gigi.
  7. Faktor psikologi dalam tubuh seseorang dan tubuh dalam kondisi tidak fit.
Agar sariawan tidak muncul kembali, alangkah baiknya Anda tidak melakukan hal-hal yang saya sebutkan di atas. Sekarang kita menuju ke topik pembahasan artikel ini, berikut adalah cara mengobati sariawan.

Cara Menyembuhkan Sariawan

  1. Berkumur menggunakan air garam
  2. Buat air hangat terlebih dahulu. Kemudian campurkan garam dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari. Kandungan yang terdapat dalam garam dapat menarik cairan luka sariawan. Berkumur menggunakan air garam dapat juga untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang.

  3. Air kelapa
  4. Air kelapa dapat menenangkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh kita. Air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

  5. Konsumsi buah-buahan
  6. Anda bisa memakan jeruk ataupun buah-buahan lainnya. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat untuk menyembuhkan sariawan.

  7. Baking soda
  8. Baking soda dapat menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Caranya, campurkan baking soda dengan air lalu gunakan untuk berkumur. Anda juga dapat membuat baking soda menjadi pasta. Caranya, campurkan baking soda dengan garam kemudian tambahkan sedikit air. Oleskan pasta yang sudah dibuat tersebut pada luka sariawan dan tunggu sekitar 10 - 15 menit, kemudian basuh sampai bersih dengan air.

  9. Madu
  10. Madu dapat juga digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya sangat mudah, oleskan madu murni pada luka sariawan tersebut dan minum madu 3 kali sehari 2 sendok makan. Lakukan cara menggunakan madu ini secara rutin.

  11. Daun jambu biji
  12. Daun jambu biji sudah dikenal bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Namun, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk mengobati sariawan. Caranya, kunyahlah beberapa lembar daun jambu biji lalu berkumur.

  13. Kunyit
  14. Kunyit selain dijadikan sebagai rempah-rempah atau bumbu masak. Kunyit bisa juga digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Buat pasta dari kunyit. Cuci kunyit sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan 1 sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Gliserin dapat mudah ditemukan di supermarket atau apotek. Selanjutnya oleskan pada bagian luka sariawan.

  15. Minyak Kelapa dan Madu
  16. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri. Caranya, campurkan minya kelapa dengan madu kemudian oleskan pada bagian luka sariawan. Untuk langkah ini, alangkah baiknya dilakukan pada saat hendak tidur.

  17. Yoghurt
  18. Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Hal ini karena yoghurt mengandung acidophilus hidup. Dengan begitu dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.
Itulah beberapa faktor penyebab sariawan dan cara mengobati sariawan. Cara diatas menggunakan cara mengobati sariawan dengan cara tradisonal dan membutuhkan kesebaran untuk proses penyembuhannya.

sumber : http://sagalapedia.blogspot.sg/2014/01/cara-sariawan-cepat-sembuh.html

1 comments:

Said Ali Akbar said...

info yang sangat menarik sekali untuk dibaca ......

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes